Profil Atlet Senior: Odekta Elvina Naibaho

Odekta Elvina Naibaho lahir di Soban, 5 November 1991. Beliau adalah putri dari pasangan Marlin Naibaho dan Manalu Nurcahaya dan merupakan salah satu atlet lari berprestasi Indonesia. Ia memiliki kisah yang sangat menarik dan sangat inspiratif dalam mewujudkan impian dan cita-citanya untuk menjadi seorang atlet terbaik.

Berawal pada saat ia masih duduk di bangku kelas 3 SMA di Soban, ia terobsesi oleh atlet terkenal yaitu Triyaningsih. Selain mengagumi sosok Triyaningsih ia pun sangat terinspirasi pada beliau. Dan semenjak saat itu Odekta pun mulai menanamkan dalam hatinya bahwa dia ingin menjadi seperti idolanya. Untuk Mewujudkan keinginannya dia berniat ke Jakarta. Dan dalam hatinya pun terbesit agar suatu saat jika dia sudah berada di Jakarta ia dapat bertemu langsung dengan Triyaningsih.

Hal yang dilewatinya tidak mudah, dia pernah menjual es kelapa untuk menghidupi dirinya sendiri. Awal mula karir Odekta saat ia ikut dengan sepupunya. Sepupu Odekta ini adalah seorang atlet tinju. Odekta pun bahkan selalu ikut semua kegiatan tinju sepupunya ini. Sampai pada satu hari sepupunya melakukan latihan di Gelora Bung Karno (GBK), di situ ia melihat banyak orang-orang yang berlatih lari, dia pun penasaran dan mulai tertarik untuk bisa ikut menjadi bagian dari mereka. Sedikit demi sedikit dia mulai mencari tau tentang Club tersebut, di tengah pencariannya itu ia bertemu dengan Siprianus yang merupakan Asisten pelatih dari klub Indonesia Muda Atletik. Pertemuan itu adalah awal dimana karir seorang Odekta mulai berjalan. Melalui Siprianus Odekta pun mulai diperkenalkan kepada klub IM dan para pelatihnya yang lain termasuk pelatih senior bapak Mohammad Asro. Dalam waktu singkat pun Odekta sudah bergabung dengan klub Indonesia Muda Atletik.

Kompetisi pertama yang Ia ikuti selama menjadi anggota di klub Indonesia Muda Atletik yaitu lari dengan jarak 10K juara ke-9. Dan dengan banyaknya pengalaman menang dalam setiap kompetisi yang Ia ikuti akhirnya membawa Odekta ke tahap yang lebih baik dan lebih baik lagi.

Pada tahun 2014 Odekta mewakili klub IM mengikuti lomba lari tahunan bii maybank bali marathon kategori 21K closed. Disana ia berhasil meraih posisi pertama dengan catatan waktu 01:26:34 detik dan kembali diulang sukses pada 30 september 2015 dimana bii maybank bali marathon ini diadakan Odekta mempertahankan posisinya dengan waktu 01:26:18 detik. Ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan baik bagi club maupun diri odekta sendiri. Akhirnya dalam kompetisi tersebut Odekta bertemu dengan Idolanya yang sudah menginspirasi hidupnya yaitu Triyaningsih. Hal ini membuat Odekta menjadi semakin semangat untuk meniti karir berlarinya. Namun karena sering mengikuti kompetisi mewakili klub IM di beberapa event dan beberapa kali juga menjuarai kompetisi tersebut, itu membuat Odekta sering juga bertemu dan tegur sapa dengan Triyaningsih. Sungguh ini merupakan hal yang sangat membuat Odekta bangga dan semakin menambah semangat dirinya.